Jumat, 12 April 2013

cara memindahkan file wordpress ke hosting lain

Bagaimana cara mentransfer file web site dari wordpress ke hosting lain

Bagi yang ingin pindah hosting pastinya sangat bingung dan bertanya-tanya bagaimana sih cara memindahkan file website kita yang menggunakan wordpress ke hosting lainya. saya juga sebelumnya berpikiran demikian karena saya tidak mau web site yang telah kita bangun dengan banyak postingan dan data gambar lainya menghilang begitu saja , selain itu juga hilang nya file-file tersebut akan membuat website kita turun ranking di mata serach angine baik itu google, yahoo,bing atau pun serach engine lainya. Nah maka dari itu ini dia langkah langkah mentransfer file dari satu hosting ke hosting lain .

Sebelum memindahkan website wordpress dari hosting satu ke hosting lainnya yang harus diperhatikan adalah backup file terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kesalahan saat upload, kerusakan data, dan lain sebagainya. Hal yang perlu diperhatikan dalam proses pemindahan wordpress ke hosting lain adalah setting DNS domain, wp-content dan database, karena ketiga unsur pokok itu merupakan hal penting dalam proses pemindahan hosting.
Hal yang pertama kali dilakuan dalam mengganti dari hosting satu ke hosting lainnya yaitu, backup folder wp-content beserta semua file didalamnya pada hosting lama, berikut adalah cara yang dilakukan :

  • Masuk ke hosting management website anda, kami mencontohkan menggunakan Cpanel lalu Klik File Manager. Setelah itu klik folder public_html atau pada folder domain anda.
  •  Pilih pada folder wp-content untuk melakukan backup lalu klik “Compress” pada menu navigator diatas seperti gambar dibawah ini untuk proses backup file wp-content.

  •  Setelah itu akan tampil seperti gambar dibawah, untuk proses penyimpanan file backup, tentunya bisa anda ganti nama dengan sesuai keinginan dan lokasi penempatan.

  •  Setelah proses backup selesai, sekarang bisa anda “Download” seperti gambar dibawah ini, pastikan hasil compress file backup tadi yang telah anda download.
 
  •  Tunggulah hingga proses download file backup tersebut selesai ke dalam komputer anda.
 Hal terpenting kedua yang harus dilakukan dan di ingat dalam mengganti web site berbasis wordpress dari hosting satu ke hosting lainnya yaitu membackup database yang ada didalam hosting lama sehingga dapat di upload ke hosting baru, berikut adalah cara yang dilakukan :
  • Masuk ke Cpanel lalu klik menu backups


  •  Klik database wordpress yang akan dibackup, dan download database wordpress tersebut kedalam komputer anda.
 
pada saat proses backup file pastikan koneksi internet stabil dalam artian tidak putus-putus . lebih baik lambat tapi stabil. dan harus di ingat bahwa dalam  memindahkan data ke hosting baru pastikan tidak ada kerusakan terhadap file tersebut, langkah selanjutnya adalah dengan mengupload file wp-content yang didownload tadi lalu extract file wp-content.zip, bisa anda lihat didalam folder hasil extract tadi apakah ada error seperti pada gambar tidak bisa menampilkan berarti anda harus mendownloadnya kembali dan sebaliknya gambar bisa tampil maka tandanya download telah berhasil. Untuk databasenya sendiri dicoba untuk mendownloadnya kembali, bila ternyata ukuran file database sama, maka file database tersebut terdownload dengan baik, bila sebaliknya harus dicek kembali.

Dengan demikian file penting sudah anda backup untuk proses belajar wordpress memindah hosting, selanjutnya anda bisa memindah ke dalam hosting yang baru, ikutilah langkah-langkah dibawah ini :

Untuk memulai belajar wordpress pemindahan hosting, Selanjutnya anda perlu mengubah setting NS (Name Server) di menu domain manager lalu arahkan kepada nameserver hosting yang baru. Langkah selanjutnya setelah nameserver berubah adalah masuk ke menu fantastico atau bisa dengan mengupload file wordpress yang masih utuh dari website resminya wordpress.org lalu mengekstrak semuanya ke folder public_html didalam hosting yang baru, setelah semua terkonfigurasi dengan benar upload dua file yang sudah dibackup diawal tadi yaitu wp-content dan database ke dalam hosting baru anda.

Belajar wordpress pindah ke hosting baru dalam setting pada hosting baru :

a). Upload wp-content didalam hosting baru. Dengan cara :
  • Tambahkan domain anda ke hosting yang baru.
  • Install wordpress domain tersebut dengan wordpress terbaru.
  • Masuk ke Cpanel lalu klik menu file manager
  • Hapus folder Wp-Content
  • Upload dan extract kembali wp-content yang telah di backup dari hosting lama
 b). Upload database didalam hosting baru. Dengan cara :
  • Masuk ke CPanel lalu pilih PHPMyAdmin
  • Masuk ke database WordPress baru anda.
  • Centang semua table lalu klik tanda silang (drop)

  •  Setelah itu klik menu import seperti gambar dibawah ini.
  • Lalu pilih database yang sudah kamu backup tadi.
  • Upload hingga proses selesai.

Nah itulah cara memindahkan website kita ke hosting baru , silahkan di coba tentunya dengan teliti dan baca seksama Ya pasti bisa. Oh ya ingat jangan lupa ganti nameserver pada domain anda bisa di chek di tempat anda beli domain MASUK PADA CLIENT AREA Oke ,, kalau kurang mengerti bisa tanya ke customer support dari penyedia domain anda . biasanya penggantian name server bedampak 1x24 jam .. selamat mencoba salam belajar bersama.

Bagi yang Belum Punya Hosting atau Mau Hosting Yang Bagus cepat dan murah silahkan check DISINI






4 komentar:

  1. Untuk setting Name Server bisa diperinci gak ya gan? Yang lainnya udah oke, tinggal setting NSnya bagaimana, di cpanel ane cuma ada : Subdomains, Addon Domains, Parked Domains, Simple DNS Zone Editor.

    Thanks gan.

    BalasHapus
  2. terima kasih atas infonya. sempet bingung juga pertama.

    lalu, mengenai proses pemindahan DNS itu butuh berapa lama ya sampai website kembali online?

    BalasHapus
  3. terimakasih gan .. barusan ane coba pindahin sendiri dengan cara diatas .. agak beda dikit .. tapi manjur ..

    BalasHapus